KITA PINDAH RUANG

KITA PINDAH RUANG

Kamis, 24 Februari 2011


MATERI AUTOCAD 1


  1. PENGGUNAAN KOORDINAT

Untuk menentukan posisi dari suatu obyek dapat digunakan 5 macam type koordinat

  1. Koordinat Cartesian :
  • Masukkan : (x,y,z), bila z tidak dimasukkan z = 0
  • Contoh : Titik A adalah 1 satuan X, 2 satuan Y, dan 3 satuan Z, maka masukkan 1,2,3

  1. Koordinat Polar :
  • Masukkan : (r < q), jarak dari titik acuan serta sudut sumbu X
  • Contoh : Titik A berjarak 3 satuan dari (0,0,0) membentuk sudut 45°, maka masukkan : 3<45

  1. Koordinat Cylindrical :
  • Masukkan : (r<q,z), jarak dari titik acuan, sudut terhadap sumbu X (pada bidang XY), serta ketinggian (Z) terhadap bidang XY
  • Contoh : titik A berjarak 3 satuan dari (0,0,0), membentuk sudut 45° pada bidang XY, dan ketinggian 5 satuan terhadap bidang XY, maka masukkan : 3<45,5

  1. Koordinat Spherical :
  • Masukkan : (r<q<a), jarak dari titik acuan, sudut terhadap sumbu X (pada bidang XY), serta sudut terhadap bidang XY
  • Contoh : Titik A berjarak 3 satuan dari (0,0,0), membentuk sudut 45° terhadap sumbu X pada bidang XY, serta sudut 60° terhadap bidang XY, maka masukkan 3<45<60

  1. Koordinat Relative
  • Digunakan untuk menyatakan pergeseran terhadap suatu titik acuan baru. Cara ini sangat efektif dan cepat pada gambar-gambar teknik, juga pada saat editing.
  • Masukkan : penambahan tanda @ pada awal masukan koordinat ( Cartesian, Polar, Cylindrical, ataupun Spherical)
  • Contoh : @3<45 (berarti dari titik terakhir bergeser….self solution)

  1. MEMPERSIAPKAN BIDANG GAMBAR

Perintah yang digunakan untuk mempersiapkan bidang gambar antara lain :

  1. UNITS
Digunakan untuk mengubah notasi koordinat, jarak, dan sudut sesuai kebutuhan pemakai. Pilihan UNITS yang disediakan AutoCAD adalah :
  • Scientific           : 2.175E + 01
  • Decimal            : 21.75
  • Engineering       : 1’-9.75’’
  • Architectural      : 1’-9­­­3/4’’
  • Fractional          : 141/2
Command : UNITS¿
Untuk sudut :
Ø      Decimal Degrees
Ø      Degrees/Minutes/Second
Ø      Grads
Ø      Radians
Ø      Surveyor’s units

  1. LIMITS
Digunakan untuk menentukan batas daerah gambar, sehingga daerah kerja menjadi spesifik pada area tertentu :
      Command : LIMITS¿
      ON/OFF/ <Lower left corner> <0.0000,0.0000> :¿
      Upper right corner : (masukkan koordinat untuk bagian atas kanan sesuaikan dengan skala gambar)

  1. MVSETUP
Alternatif lain yang digunakan untuk menentukan batas gambar adalah dengan menggunakan perintah MVSETUP
Command : MVSETUP¿
Enable paper space? (No/Yes) : N
Units type (Scientific/Decimal/Engineering/Architectural/Metric)
Enter scale factor :
Enter the paper width :
Enter the paper height :

  1. OBJECT SNAP
Object Snap digunakan untuk memilih atau mengunci (lock) suatu titik dari obyek tertentu secara tepat dan akurat sesuai dengan object snap yang anda gunakan.

  1. Snap From : untuk memilih titik secara umum
  2. Snap to Endpoint : untuk memilih titik akhir dari suatu obyek gambar
  3. Snap to Midpoint : untuk memilih titik tengah dari suatu obyek gambar
  4. Snap to Intersection : untuk memilih titik perpotongan dari dua obyek
  5. Snap to Apparent Intersection : untuk memilih dua obyek yang seolah-olah berpotongan (biasanya dipakai dalam menggambar 3D)
  6. Snap to Center : untuk memilih titik pusat dari sebuah lingkaran atau busur (arc)
  7. Snap to Quadrant : untuk memilih kuadran dari sebuah lingkaran
  8. Snap to Perpendicular : untuk memilih titik pada obyek yang tegak lurus dengan target OSNAP
  9. Snap to Tangent : untuk memilih titik pada lingkaran atau arc yang merupakan garis singgung terhadap lingkaran atau garis lengkung tersebut
  10. Snap to Node : untuk memilih sebuah titik (point)
  11. Snap to Insertion : untuk memilih titik penempatan dari Shape, Text, Attribute, Definition dan Block
  12. Snap to Nearest : untuk memilih sebuah titik yang visual paling dekat pada suatu obyek.
  13. Snap to Quick : untuk memilih obyek secara cepat
  14. Snap to None : untuk menon-aktifkan OSNAP
  15. Running OSNAP : untuk mengaktifkan OSNAP secara otomatis
  16. Calculator

Catatan : ada beberapa options dalam penggunaan object snap
  1. Untuk mempercepat perintah object snap dapat digunakan perintah OSNAP pada command prompt. Pada layar akan muncul kotak drafting settings untuk memilih object snap yang akan diaktifkan
  2. Dengan mengklik osnap pada status bar (bagian bawah layar)
  3. Dengan menekan tombol SHIFT+klik mouse kanan, maka anda tidak perlu menekan statusbar OSNAP

  1. TOMBOL KHUSUS
  • ESC                 : membatalkan suatu perintah atau proses
  • ¬(back space): digunakan pada command line untuk membatalkan suatu perintah
  • ¿ Enter : pengulangan perintah yang baru saja dilakukan
  • Spacebar          : sama seperti enter
  • F6                    : On/Off display koordinat layar
  • F7                    : On/Off titik-titik bantu (Grid)
  • F8                    : On/Off modus gerak lurus (ORTHO)
  • F9                    : On/Off modus gerak terukur (SNAP)
  • Insert                : mengaktifkan kursor Screen Menu pada layar kanan gambar
  • Panah (arrow)    : memilih command pada screen menu

  1. PERINTAH SINGKAT
  • L          : Lne
  • A          : Arc
  • E          : Erase
  • P          : Pan
  • C          : Circle
  • U          : Undo
  • R          : Redraw
  • Z          : Zoom
  • T          : Text
  • CP       : Copy

  1. KONTROL LAYAR KERJA (ZOOM)
Perintah zoom dapat anda ketikkan pada command line dengan huruf Z kemudian enter.
Command : Z ¿
All/Center/Dynamic/Extents/Left/Previous/Vmax/Window/<Scale(X/XP)> :
§  All : untuk melihat seluruh gambar
§  Center : untuk melihat gambar dengan menentukan pusat pandangannya dan menentukan diameter atau tingginya
§  Dynamic : untuk melihat gambar dengan cara menentukan besarnya kotak dan menentukan letak kotak.
§  Extents : untuk melihat gambar satu layar penuh
§  Left : untuk melihat gambar dengan menentukan letak pusat sebelah kiri dan besarnya daerah pandang
§  Previous : untuk kembali kepandangan sebelumnya
§  Window : untuk melihat gambar dengan menentukan besarnya kotak, dengan cara menentukan titik pojok kotak yang satu diagonal.
§  Scale : untuk melihat gambar dengan menentukan skala perbesarannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar